Aside

Kemudian seseorang berkata, “Kita tidak mungkin bisa diselamatkan jika tidak beriman kepada Yesus Kristus. Itu artinya keselamatan tidak hanya diperoleh dengan anugerah semata, melainkan juga dengan usaha kita untuk percaya.”

Kelihatan seperti benar ya perkataan di atas. Kenyataannya, ini sangat menyimpang dari kebenaran Allah karena di Alkitab tertulis:
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. (Roma 3:23)

Ketika papa memutar kaset khotbah Pdt. Stephen Tong di mobil, saya mendapatkan sebagian isi khotbah yang dapat menanggapi pernyataan di atas:

“Iman adalah media untuk memperoleh keselamatan. Keselamatan hanya diberikan oleh Allah dalam Yesus Kristus. Iman adalah seperti seorang yang hampir tenggelam di tengah laut berusaha terus melambaikan tangannya agar dapat terlihat oleh siapapun yang lewat. Seseorang di dalam kapal penyelamat lalu melihat tangannya dan serta-merta mendatanginya. Mereka dengan sigap menggenggam tangannya dan mengangkatnya masuk ke dalam kapal sehingga ia dapat diselamatkan. Ketika telah selamat, orang ini tidak akan mengatakan, “Tangankulah yang menyelamatkanku,” melainkan, “Melalui melambaikan tangankulah aku dapat diselamatkan oleh regu penyelamat,” karena bukan lambaian tangan itu yang menyelamatkannya, melainkan kapal penyelamat yang sedang berpatroli itu. Sekalipun ia terus mengangkat tangan, jika tidak ada yang melihat, ia tidak akan mungkin selamat. Bukan tangannya yang terangkat itu yang menyelamatkannya, melainkan tangan yang terulur ke bawah untuk memegang tangannya itu. Maka Anda tidak dapat mengatakan, ” Karena imankulah aku diselamatkan” melainkan, “Melalui imankulah aku telah diselamatkan.” Ketika Yesus berkata kepada orang buta dekat Yerikho, “Imanmu telah menyelamatkan engkau,” itu berarti oleh imanmu kepada-Ku, engkau telah Kusembuhkan.”

Allah menciptakan manusia sebagai satu-satunya makhluk hidup yang mampu berespon terhadap Kitab Suci dan Yesus Kristus, yang keduanya adalah Firman Allah itu sendiri. Firman Allah sudah dinyatakan. Anda dapat beriman atau menolak. Anda tidak dapat mempercayai setengah-setengah atau seadanya saja ketika beriman kepada suatu kebenaran. Anda tidak dapat mengatakan, “Aku diselamatkan semata-mata karena anugerah, tetapi juga karena imanku.” Roma 3:10b-11 mengatakan: “Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.” Hal ini berarti, sebenarnya kita bahkan tidak sadar bahwa kita sudah tenggelam dalam lautan dosa. Tidak seorang pun mencari Allah karena dosa telah membutakan manusia sehingga tidak seorang pun sadar bahwa dirinya membutuhkan keselamatan. Itulah sebabnya, semua yang boleh Anda lakukan, termasuk ketika Anda mengangkat tangan untuk meminta pertolongan Tuhan, adalah anugerah Allah. Ketika Anda dapat mengakui dosa Anda, itulah waktu yang tepat bagi anugerah Allah, karena itulah saat dimana Anda merasa butuh akan keselamatan yang dari Allah. Ketika Anda masih menganggap keselamatan sebagai andil dan usaha anda, anda adalah orang yang paling kasihan di dunia ini karena anda tidak mengerti sama sekali tentang konsep anugerah. Anugerah, namanya saja sudah anugerah, adalah hal yang diberikan pada Anda karena Anda tidak sanggup mengusahakannya dan tidak layak untuk mendapatkannya dengan usaha Anda itu.

Semoga semua orang boleh memiliki pemahaman Alkitab yang benar sehingga kita dapat berespon yang benar terhadap panggilan Tuhan dalam hidup kita dan kita tidak mengandalkan diri kita sendiri dalam segala sesuatu yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita.🙂

Kemudian. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s